BEDA TARGET TUJUAN, BEDA JUGA JENIS OLAHRAGANYA

Semua olahraga emang punya satu tujuan yaitu buat bikin tubuh lebih sehat. Tapi tiap olahraga punya manfaat yang berbeda. Cari olahraga yang cocok buat kamu, dilansir Gogirlmagz.com.

  1. Weight Loss

Olahraga yang ngegerakin semua anggota tubuh cenderung lebih efektif. Kita bisa nyoba:

  • Dancing (burn 600-800 cal/hour), menari termasuk salah satu kegiatan aerobik yang bikin badan kita bergerak ngikutin musik. So. its definitely one of the most fun exercises! Waktu nari kita juga butuh pemanasan dan pendinginan ya. Biar optimal, sebaiknya dilakukan minimal 30-60 menit per hari. Ada banyak banget dancing class yang bisa kita ambil, kayak ballet, hip hop dance, belly dancing atau yang lagi hits belakangan ini zumba dance.
  • Bersepeda (burn 500-1000 cal/hour), bersepeda dengan kecepatan tetap bisa nurunin sekitar 500 kalori per jam. Bersepeda setengah jam tiap hari bisa nurunin sekitar 4 kg lemak dalam setahun. It’s also improving our heart rate yang pastinya bermanfaat buat stamina yang kuat. Belum lagi manfaatnya buat nguatin otot kaki, paha, dan panggul kita. Tiga kali seminggu juga cukup kok.
  • Opsi lain yaitu walking (burn 225-360 cal45 mins), berenang (burn 400-700 cal/hour), running (burn 600 cal/hour), tennis (burn 600 cal/hour).

 

2. Weight Gain

Sedikit tips aja, buat nambahin berat badan, kalori dan protein (bisa didapet dari kacang-kacangan, coklat, pasta, keju, daging, dll) yang masuk ke tubuh harus lebih banyak daripada yang terbakar saat berolahraga ya. Jadi atur pola makan yuk.

  • Pull ups, gerakan menarik seluruh badan sambil bergantung pada batangan besi yang memanjang horizontal, itu namanya pull ups. Bisa dilakuin di gym, rumah atau di mana pun kita nemuin batangan besi yang bisa menopang badan kita. Dengan pull ups massa otot jadi nambah dan lengan kita jadi lebih kebentuk.
  • Yoga, biarpun biasanya latian yoga ditujukan buat nurunin berat badan, ternyata yoga bisa juga dipake buat naikin berat badan. Beberapa gaya kayak cobra pose (Bhujangasana), shoulder stand (Sarvanganasana), diamond pose (Vajrasana), Wind relieving pose (Pavanamuktasana) bisa dicoba. Tapi kamu butuh pelatih yoga buat ngelakuin gerakan-gerekan itu ya.
  • Opsi lain yaitu, strength training (angkat beban pake barbel kecil) sambil ngelakuin gerakan kayak squats, lunges, dan chest press.

 

3. Height Increase

Karena masih dalam masa pertumbuhan (dibawah umur 20), banyak kesempatan buat ninggiin badan kita kok. Bisa dicoba:

  • Berenang, ketika kita berenang, hampir semua otot kita dipake bergerak, karena bergerak di dalam air lebih susah sehingga tubuh bakal butuh tenaga ekstra buat bergerak. Kaki dan tulang belakang adalah bagian tubuh yang bakal dapet efek signifikan dari olahraga ini. Selain itu, tubuh juga bakal ngeluarin hormon pertumbuhan selagi kita berenang.
  • Pilates, ada beberapa gerakan pilates yang bakal ngebantu kita memperbaiki postur tubuh kita sehingga tubuh jadi lebih tegap dan kita keliatan tinggi. Pilates ngebantu kita memperkuat core muscle yang terletak di tulang belakang. Core muscle ngebantu tubuh kita tetep tegak dan bergerak dengan gampang. Bahu yang ngebungkuk dan sakit punggung biasanya terjadi kalau core muscle kita lemah.
  • Opsi lain yaitu, skipping, basket. (Shelma Afriana)
No Comments

Post A Comment