CARA MENGELUARKAN KOMEDO DENGAN BENAR

Sama kayak jerawat, komedo yang melekat di wajah juga bisa bikin kita nggak pede. Bercak-bercak komedo, mau komedo hitam dan putih, bikin wajah kita terlihat nggak mulus dan nggak sebersih yang kita mau. Nggak jarang kita melakukan berbagai cara buat ngehilangin komedo, mulai dari perawatan di rumah sampe pergi ke salon kecantikan.

Mengangkat komedo pakai teknik sendiri emang mudah buat dilakuin, tapi kalau kita nggak sepenuhnya tahu teknik yang benar, bisa-bisa wajah kita jadi iritasi dan makin keliatan nggak mulus. Kita perlu berhati-hati waktu ngeluarin komedo. Terus apa aja sih yang harus diperhatiin supaya komedo bisa terangkat dengan benar?

Before

Dilansir Gogirlmagz.com, sebelum ngeluarin komedo, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan. Umumnya, komedo muncul di bagian hidung dan dagu kita. Tapi nggak jarang komedo juga muncul di sekitar pipi bagian atas atau di jidat. Kalau komedo muncul di bagian tersebut, proses mengeluarkannya bakal lebih sulit karena tulang pipi kita yang keras. Biar kita ngebersihin komedonya mudah, kita perlu melakukan hal-hal di bawah ini:

  1. Penguapan wajah. Perlu banget buat menguapkan wajah kita, terutama di bagian yang ada komedonya. Tinggal tuang air panas ke dalam baskom, lalu deketin wajah ke baskom supaya uap dari air mengenai wajah kita dengan maksimal. Penguapan ini berfungsi buat ngebuka pori-pori wajah kita. Kalau udah kebuka, komedo bakal gampang dikeluarin.
  2. Sterilkan tangan. Jangan lupa buat cuci tangan menggunakan sabun bersih sebelum mengeluarkan komedo. Waktu kita menyentuh wajah, terutama bagian wajah yang ada komedonya, jangan sampe tangan masih kotor. Karena kulit kita bisa terkena bakteri dan malah meradang. Jadi, pastikan dulu tangan kita bersih sebelum memulai aksi.

 

After

Setelah komedo keluar pun kita juga perlu berhati-hati sebelum nyentuh wajah kita sendiri. Biasanya, waktu komedo udah keluar kulit akan terasa sedikit sakit, mungkin berdenyut dan nyeri. Rasa sakit itu sebenernya muncul karena pori-pori kita baru aja membesar setelah komedo keluar. Buat ngatasin hal itu, kita bisa ngelakuin cara-cara ini setelah selesai mengeluarkan komedo:

  1. Kompres air dingin. Air dingin dipercaya punya kemampuan buat meredakan peradangan. Biasanya, waktu salah satu bagian tubuh kita memar karena terjatuh, kita menggunakan air dingin buat mengobati memar itu. Sama kayak memar, bekas komedo kita juga bisa diobati dengan dikompres oleh air dingin. Selain bisa meredakan rasa sakit, air dingin juga bisa nutup pori-pori kita loh.
  2. Aplikasikan toner. Waktu pori-pori wajah kita ngebesar, kulit kita rentan terkena bakteri. Kalau dibiarin, bagian bekas komedo bakal meradang dan memerah. Bukannya bikin wajah mulus, kulit kita malah jadi kemerah-merahan dan berpotensi muncul jerawat. Buat ngecegah itu, kita bisa menggunakan toner wajah di bagian bekas komedo. Toner bikin kulit kita terasa lebih nyaman dan ngebunuh bakteri-bakteri yang bisa nyebabin peradangan.
  3. Masker wajah. Selain toner, kita juga bisa mencegah peradangan dengan pake masker. Masker nggak harus langsung kita pake setelah komedo terangkat kok. Pilih masker yang punya manfaat buat nenangin kulit. Misalnya green tea dan gunakan pada malam hari sebelum tidur. Masker bisa ngebantu mengecilkan pori-pori yang tadi udah ngebesar karena komedo dan bisa ngehalusin permukaan kulit kita.

Itulah langkah-langkah yang perlu kita perhatiin kalau mau ngeluarin komedo sendiri di rumah. Kalau komedo mengeras dan nggak bisa dikeluarin dengan cara memencet jangan dipaksakan. Mending konsultasi ke dokter kecantikan atau ke dermatologis. (Shelma Afriana)

No Comments

Post A Comment