GEJALA AWAL SAKIT YANG HARUS DIWASPADAI

Menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat itu penting loh. Dengan cara kita perduli dengan sakit yang sering kita rasakan kita jadi bisa jaga kondisi kita seterusnya untuk tetap sehat dan paham tentang kondisi badan kita. Walaupun sakit ringan atau sepele kita tetap harus waspada, karena akan lebih baik kalau di tanggulangin sejak awal.

 

KESEMUTAN PADA TANGAN

Kesemutan atau neuriti adalah radang pada berkas syaraf yang disebabkan adanya bagian otot yang tertekan akibat atau pergerakan yang selalu sama dalam waktu yang cukup lama. Saat kita beraktivitas, seringkali posisi tubuh kita bergerak pada posisi sama dan berulang-ulang, akibatnya kerja pada otot tangan menjadi lemah, sakit bahkan mati rasa. Aktivitas otot yang terganggu menimbulkan sensasi nyeri yang biasa kita sebut dengan kesemutan. Kadang kesemutan juga disertai rasa nyeri pada tangan yang disebut Carpal Tunnel Syndrome atau proses iritasi pada syaraf yang terjadi melalui lengan atau persendian di pergelangan tangan. Kegiatan kayak mengetik, memegang mouse dalam waktu yang lama merupakan salah satu penyebabnya. Coba deh mulai seakrang, lakukan sedikit stretching pada jari-jari dan pergelangan tangan, atau bisa selingi dengan aktivitas lain.

 

PUSING DI BAGIAN BELAKANG TELINGA

Pusing biasanya disebabkan oleh sirkulasi darah ke otak yang tidak stabil karena adanya tekanan atau tulang yang menjepit syaraf. Tapi pusing di belakang telinga bisa terjadi karena adanya gangguan pada telinga. Banyak kasus yang terjadi bersumber pada telinga bagian tengah yang terinfeksi sehingga menimbulkan pengumpulan cairan berlebih, sedangkan kapasitas ruang pada telinga terbatas. Akibatnya, tekanan yang muncul diteruskan ke daerah sekitar, bahkan sampe ke kepala karena ada syaraf yang berhubungan dan berdekatan. Penyakit ini merupakan salah satu gejala dari Meiere Syndrome atau pusing yang berasal dari gangguan telinga. Pemakaian headset yang terlalu sering dengan volume keras adalah salah satu penyebabnya. Ayo dikurangi kebiasaan yang satu itu. 

 

NYERI PADA LEHER

Nyeri pada leher disebabkan oleh ketegangan otot atau myalgia yang berpengaruh pada kontraksi otat yang nggak bagus. Gejala yang timbul adalah kaku di sekitar leher dan rasa nyeri saat menggerakkan kepala. Hal ini bisa juga disebabkan karena posisi kepala yang salah saat tidur atau aktivitas kita yang membiarkan kepala terfokus pada satu titik dalam waktu yang lama. Leher merupakan penghubung antara kepala bagian tubuh yang lain dan salah satu bagian yang bekerja keras menopang kepala, makanya kelelahan pada leher bisa memicu rasa sakit. Saat nonton TV atau bermain komputer, rajin-rajin menggerak-gerakkan kepala supaya otot-otot sekitar leher tidak terlalu kaku.

 

PUSING YANG BERPUTAR

Pusing kayak kepala berputar saat bangun dari duduk, bangkit dari tempat tidur atau saat memakai kaos kaki adalah salah satu dari gejala vertigo, yaitu respon terhadap posisi yang melambat sehingga mengakibatkan reaksi sekelilingnya menjadi berputar. Kurangnya oksigen bisa menjadi salah satu penyebab vertigo. Stresful life menyebabkan kerja jantung menjadi cepat sehingga pertukaran udara saat bernafas menjadi tidak maksimal. Selain itu bisa juga karena daerah sekitar kita banyak mengandung polusi udara, sehingga kebutuhan oksigen kita tidak terpenuhi. Kurangnya oksigen pada aliran darah bisa menghambat peredaran zat dan nutrisi ke seluruh badan lho. Selain itu proses aterosklerosis atau pembentukan plak pada pembuluh darah juga bisa memicu timbulnya vertigo. Makanan yang serba instan kayak junk food atau makanan berkolesterol tinggi dapat mengakibatkan  penyempitan pembuluh darah yang merupakan penyebab awal rasa nyeri terjadi. Satu lagi alasan kuat untuk mengurangi jatah junk food per minggu nih!

 

PINGSAN

Pingsan adalah keadaan di mana seseorang kehilangan keseimbangan dan kesadaran pada tubuhnya. Hal ini bisa disebabkan oleh kurangnya oksigen dalam darah yang mengakibatkan kerja otak melemah. Dalam tubuh kita terdapat Hemogoblin yang mengandung CO atau karbon monoksida yang berfungsi mengatur kadar keasaman darah. Jika kekurangan oksigen dan lebih banyak CO, tubuh akan merasa lemas dan pusing. Pada remaja, pusing yang mengakibatkan pingsan sering dipengaruhi oleh hormon esterogen yang merupakan hormon penyeimbang pada wanita. Olahraga atau lari pada pagi hari bisa membantu memenuhi kebutuhan oksigen tubuh, karena pada pagi hari oksigen yang dihasilkan oleh pepohonan di sekitar belum tercemar oleh polusi.

 

KRAM

Rasa nyeri dan kaku yang sering datang tiba-tiba ini sering dikenal dengan istilah kram atau cramps. Kram adalah aktivitas otot pada bagian tubuh tertentu yang terganggu atau kerja otot yang sudah mencapai batas maksimal. Saat kram, kadang kita nggak bisa menggerak-gerakkan anggota tubuh. Kalo dipaksain bergerak terasa lebih nyeri bahkan fatalnya bisa mengakibatkan otot yang tegang jadi putus. Biasanya terjadi karena kita tidak melakukan pemanasan atau stretching sebelum melakukan aktivitas. Olahraga berenang sangat baik karena gerakan air bisa melemaskan tulang belakang dan membuat rileks otot di seluruh badan.

 

NYERI PADA PUNGGUNG

Rasa sakit pada punggung terjadi karena adanya iritasi pada syaraf medulla spinalis yang berada pada tulang torakal (tulang pada punggung). Nyeri pada punggung bisa disebabkan oleh kekurangan vitamin B dan jug postur tubuh yang terlalu statis sehingga mengakibatkan terjadinya pergeseran pada tulang. Bentuk tulang punggung menyerupai bagian-bagian yang tumpang tindih. Kalo derajatnya berubah maka otomatis susunan tulang di bawahnya akan mengikuti. Pergeseran pada tulang dapat  mengakibatkan syaraf menjadi terjepit dan menimbulkan rasa nyeri. Nyeri pada punggung biasanya dialami orang-orang yang mempunyai postur tubug membungkuk, atau posisi punggung yang salah saat duduk. Vitamin B merupakan nutrisi untuk syaraf di tubuh kita, makanya maksimalkan kebutuhan Vitamin B dan Vitamin D untuk tulang kamu.

 

NYERI PADA ULU HATI

Nyeri pada ulu hati adalah kelainan pada sistem pencernaan atas atau disebut juga dispepsia yang dalam bahasa Yunani berarti “pencernaan yang buruk”. Dispepsia adalah ketidaknyamanan bahkan nyeri pada saluran pencernaan terutama bagian atas. Nyeri pada ulu hati adalah salah satu gejalanya, selain itu biasanya disertai juga dengan gejala mulai, muntah, bloating (lambung terasa penuh), kembung, bersendawa, cepat kenyang, perut keroncongan (borborgygmi) hingga buang angin. Dispepsia pada remaja biasanya diakibatkan karena menunda jam makan yang menyebabkan asam lambung meningkat dan lama-kelamaan menyebabkan kerusakan pada saluran dinding pencernaan. Pola makan yang teratur dan bervariatif bisa membantu menghindari dispepsia.

www.gogirlmagz.com

 

 

No Comments

Post A Comment