MAKANAN BUAT SI BAD MOOD

Makanan yang sehat, nggak cuma bagus buat fisik, tapi juga buat kesehatan mental. Zat-zat terkandung di dalamnya bisa memengaruhi hormon yang ngontrol mood kita. Penelitian ngebuktiin kalau emosi emang berhubungan erat sama pilihan makanan kita Pingin tau baiknya mengonsumsi apa pas lagi sedih atau sakit kepala? Ini dia jawabannya seperti yang dilansir Gogirlmagz.com

Menurut Food Psychology Cornell Education, pas kondisi kita lagi good mood, kita lebih mikirin soal efek dari makanan buat tubuh kita, dibanding rasanya. Nah kalau lagi bad mood, kita nggak peduli dengan apa yang kita makan serta efeknya. Ternyata bukan cuma mood yang bisa memengaruhi makanan kita, tapi makanan juga bisa memengaruhi mood kita.

  1. Lagi kesel

Minum teh hangat deh. Lebih bagus lagi teh hijau yang diseduh sendiri. Green tea dipercaya punya efek buat nenangin, berkat kandungan antioksidan egcg atau epigallocatechin gallate. Menurut sebuah studi, pasien yang nerima cukup dosis egcg, punya mood yang lebih tenang dan baik. Kalau kita nggak suka seduhan teh hijau langsung karena pahit, coba campur sama madu supaya lebih manis.

2. Stres

Banyak tugas kuliah atau sekolah, ditambah kegiatan yang padat banget bikin kita kewalahan. Coba makan pasta, karena kandungan magnesium yang ada di dalam pasta bisa ngurangin kadar stres dalam tubuh. Tambah bermanfaat bagi tubuh lagi kalau kita nambahin potongan salmon, karena riset menunjukkan kalau salmon punya kandungan asam lemak dan omega3 yang bisa mengurangi gejala cemas.

3. Feeling down

Pas lagi ngerasa down, kita cenderung lari ke makanan atau cemilan yang cuma bisa bikin kenyang sesaat, kayak chips atau es krim yang kadang malah bikin perut terasa begah. Coba alihin ke cemilan yang lebih sehat. Kayak edamame atau kedelai jepang yang tinggi protein dan rendah lemak. Selain itu dark chocolate juga terbukti punya manfaat bagi sistem kardiovaskular atau sistem yang ngebantu estabilisasi suhu dan pH tubuh kita. Kandungan dark chocolate mampu nurunin tekanan darah tinggi dan ngelancarin aliran darah dan ngebalikin mood jadi lebih ceria.

4. Lemas

Banyak makanan yang mengandung energy booster yang berasal dari karbohidrat dan kafein, salah satunya adalah cokelat hitam dan gandum. Kafein dan theobromine yang terkandung dalam coklat bisa nge-boost level energi kita. Dark chocolate dianggap paling cocok dijadiin energy booster karena kadar cocoa-nya tinggi dan kadar gulanya rendah. Makin gelap cokelatnya, makin banyak energi yang kita dapat. Sementara gandum punya kabrohidrat yang tinggi, jadi bisa buat kita kenyang dan ngasih kita energi yang dibutuhin tubuh

Penting buat kita ngembaliin mood yang rusak, salah satunya bisa dengan makan makanan di atas. Nggak mau kan kalau sepanjang hari kita bad mood terus? Selamat mencoba. (Shelma Afriana)

No Comments

Post A Comment